Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDIT AL IZHAR SCHOOL PEKANBARU

TITI GUSTINA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDIT AL IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TITI GUSTINA (11910821405) PGMI.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-V TITI GUSTINA (11910821405).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Titi Gustina, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SDIT Al Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain di kelas V Abu Bakar SDIT Al Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa di kelas V Abu Bakar SDIT Al Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 29 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Predict-Observe-Explain dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model pembelajaran Predict-Observe-Explain dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas V Abu Bakar SDIT Al Izhar School Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui bahwa sebelum tindakan diperoleh hasil keterampilan berpikir kritis siswa dengan presentase 65% dengan kategori kurang. Sedangkan setelah tindakan, keterampilan berpikir kritis siswa meningkat yaitu pada siklus I mencapai 76,12 % berada pada kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 85,34 % berada pada kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Abu Bakar SDIT Al Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain, Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:11
Last Modified: 14 Mar 2023 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69248

Actions (login required)

View Item View Item