Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 013 PONGKAI KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

NUR IZZATI RAHMA, - (2023) PENERAPAN METODE LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 013 PONGKAI KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kreativitas belajar siswa melalu metode Learning Tournament pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 013 Pongkai. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang percaya diri dan mandiri ketika proses belajar berlangsung, siswa kurang mampu mengemukakan pendapan dan siswa kurang mampu memberikan gagasan dan usulan yang berbeda. Penelitian ini merupakan Penilaian Tindakan Kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah model Learning Tournament dan kreativitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa metode learning tournament dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, yang mana sebelum tindakan hanya mencapai 54,31 dengan kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 76,67 dengan kategori cukup, dan pada siklus II kreativitas belajar siswa meningkat menjadi 91,04 dengan kategori baik. Kata Kunci: Model Learning Tournament, Kreativitas Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:39
Last Modified: 16 Mar 2023 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69246

Actions (login required)

View Item View Item