Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring Plus terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

‘Abdan Ayu Syukron,, - (2023) Pengaruh Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring Plus terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ‘Abdan Ayu Syukron, (2022) : Pengaruh Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring Plus terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar Pengaruh Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring Plus terhadap Kesiapan menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan-kesulitan mahasiswa, seperti: mahasiswa tidak percaya diri dan merasa kesulitan dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan fenomena atau masalah yang baru saja terjadi, mahasiswa masih kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran yang akan diterapkan, mahasiswa belum mampu memberikan penguatan kepada siswa dalam proses pembelajaran, dan masih ada mahasiswa yang kesulitan dalam mengelola kelas. Jenis Penelitian ini adalah Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Objek dalam penelitian ini adalah Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring Plus terhadap Kesiapan menjadi Guru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 138, dengan sampel 102 orang dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, disimpulkan bahwa praktik pengalaman lapangan (PPL) daring plus berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru. Berdasarkan uji korelasi diperoleh nilai r (pearson correlation) dari korelasi praktik pengalaman lapangan (PPL) daring plus dengan kesiapan menjadi guru sebesar 0,524 dengan tingkat probabilitas 0,000. Oleh karena itu probabilitas lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak sedangkan Ha diiterima. Berarti terdapat pengaruh antara praktik pengalaman lapangan (PPL) daring plus terhadap kesiapan menjadi guru Berdasarkan R2 (R Square) sebesar 0,275 menunjukkan persentase sumbangan pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 27,5%, Sedangkan sisanya, sebesar 72,5% (100-27,5), dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Daring Plus - Kesiapan menjadi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:17
Last Modified: 15 Mar 2023 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69242

Actions (login required)

View Item View Item