Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KEPULAUAN MERANTI NOMOR 25 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN DAN PENGGUNAAN DANA JAMINAN PERSALINAN DI UPT PUSKESMAS ALAI KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Dewi Safitri Indah Yani, Dewi (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KEPULAUAN MERANTI NOMOR 25 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN DAN PENGGUNAAN DANA JAMINAN PERSALINAN DI UPT PUSKESMAS ALAI KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)

Abstract

Implementasi Peraturan Bupati Kepulauan Meranti Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pelaksanaan dan Penggunaan Dana Jaminan Persalinan di UPT Puskesmas Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat Menurut Perspektif Fiqih Siyasah Jampersal merupakan kependekan dari Jaminan Persalinan, artinya jaminan pembiayaan yang digunakan untuk pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan dan pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir yang pembiayaannya dijamin oleh Pemerintah. Adapun pokok permasalahan penelitian ini adalah: 1) Implementasi Peraturan Bupati Kepulauan Meranti Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pelaksanaan dan penggunaan Dana Jaminan Persalinan di UPT Puskesmas Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat di UPT Puskesmas Alai Tebing Tinggi Barat dalam menerapkan Peraturan Bupati Kepulauan Meranti Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pelaksanaan dan Penggunaan Dana Jaminan Persalinan, dan 3) Tinjauan fiqih siyasah terhadap Implementasi Peraturan Bupati Kepulauan Meranti Nomor 25 Tahun 2017 Tentang pedoman Pelaksanaan dan Pengunaan Dana Jaminan Persalinan. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode lapangan (field research). Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh dari Kepala UPT Puskesmas Alai, Ketua Bidang Jampersal, Bidan Desa, dan dua orang peserta Jampersal. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari Camat, dan kepustakaan seperti peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan jurnal yang terkait dengan penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan dalam teknik analisi data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni semua data yang telah didapatkan kemudian dijelaskan secara rinci dan sistematis dalam bentuk kata-kata tertulus. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Implementasi Peraturan Bupati Kepulauan Meranti Nomor 25 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pelaksanaan dan Penggunaan Dana Jaminan Persalinan di UPT Puskesmas Alai Tebing Tingi Barat belum efektif. Terdapat faktor penghambat dan pendukung seperti masih kurangnya sosialisasi mengenai Jampersal ke wilayah-wilyah dalam di Kecamatan tebing Tinggi Barat dan belum tersedianya fasilitas Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) dan faktor pendukung yakni peserta Jampersal mendapatkan Biaya Operasional, Biaya Transportasi dan Biaya Persalinana. Jika ditinjau dari fiqih siyasah Perbup Nomor 25 Tahun 2017 sudah sesuai dengan syariat Islam, namun pelaksanaannya masih kurang berjalan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Impelentasi, Jampersal, dan Fiqih Siyasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:26
Last Modified: 16 Mar 2023 01:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69233

Actions (login required)

View Item View Item