Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NO 14 TAHUN 2020 TENTANG TATA KELOLA RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN ATAU KEBERSIHAN DI HOTEL BINTANG TIGA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Cintya Vebryna Wati, Cintya (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NO 14 TAHUN 2020 TENTANG TATA KELOLA RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN ATAU KEBERSIHAN DI HOTEL BINTANG TIGA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru No 14 Tahun 2020 Tentang Tata Kelola Retribusi Pelayanan Persampahan Atau Kebersihan di Hotel Bintang Tiga Pekanbaru Menurut Perspektif Fiqh Siyasah Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengelolahan sampah dan retribusi yang tidak sesuai dengan yang ditentukan oleh undang-undang. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Tata Kelola Rertibusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Hotel Bintang Tiga kota Pekanbaru dan untuk mengetahui bagaimana penerapannya ditinjau menurut perspektif fiqh siyasah. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa permasalahan, seperti permasalahan tata kelola rertibusi pelayanan persampahan/kebersihan di hotel bintang tiga kota pekanbaru, serta apa saja faktor penghambat dan pendorong terjadinya Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 14 Tahun 2020. Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian hukum sosiologis (kualitatif). Dengan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi (usaha pengumpulan data untuk mendapatkan dokumen, berupa foto, video, dan rekaman suara). Dari hasil penilitian yang penulis dapatkan, maka penulis memperoleh jawaban bahwasanya Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 14 Tahun 2020 tidak terimplementasikan di hotel bintang tiga kota Pekanbaru dan ada beberapa faktor penghambat dan pendorong dalam implementasi penerapan peraturan tersebut. Tinjauan fiqh siyasah adalah peraturan walikota sudah menjawab kebutuhan masyarakat dan peraturan tersebut diterapkan pihak yang ditunjuk oleh pemerintah (DLHK) akan tetapi terdapat kendala akibat kurangnya pengawasan kedisiplinan dari pemerintah, yang dalam fiqh siyasah hal ini tidak dibolehkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Retribusi, Persampahan/ Kebersihan, Fiqh Siyasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:31
Last Modified: 16 Mar 2023 01:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69232

Actions (login required)

View Item View Item