Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS 1V SDN 001 BALAM JAYA KAMPAR

RUGAYA RAMADONA, - (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS 1V SDN 001 BALAM JAYA KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri SUltan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK RUGAYA RAMADHONA, 2022 : Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Tema Indahnya Keragaman di negriku Kelas 1V SDN 001 Balam Jaya Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Berpikir Kreatif siswa pada tema indahnya keragaman di negriku melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping kelas IV SDN 001 Balam Jaya Kampar. Penelitian ini berlatar belakangi rendahnya kemampan berfikir kreatif siswa, dimana gejalanya siswa kurang mampu dalam memberikan ide ide yang bagus dalam memecahkan masalah, sehingga kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 25 orang siswa kelas IV SDN 001 Balam Jaya Kampar.dan objek dari penelitian ini adalah menggunakan metode mind mapping dan kemampan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan.Teknik pengumplan data dengan menggunakan teknik observasi,tes,dan docmentasi. sedangkan teknik analisis data yangdigunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini diketahui sebelumn dilakukan tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kreatif siswa rata-rata mencapai 57,6 atau berada pada kategori kurang. Kemudian dilakukan tindakan dengan metode pembelajaran Mind Mapping pada siklus I, nilai kemampuan berpikir kreatif siswa sedikit lebih meningkat dengan rata-rata 70,2 namun masih dengan kategori kurang. Pada siklus II nilai kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan rata-rata 79,6 dengan kategori cukup, Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas IV SDN 001 Balam Jaya Kampar. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:17
Last Modified: 10 Mar 2023 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69224

Actions (login required)

View Item View Item