PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAPKEAKTIFANBELAJAR SISWA PADABIDANG STUDI FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH YPUI TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

Amelia Umaroh, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAPKEAKTIFANBELAJAR SISWA PADABIDANG STUDI FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH YPUI TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs YPUI Teratak?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh Siswa di Madrasah Tsanawiyah YPUI Teratak yang berjumlah 197 siswa. Karena besarnya populasi pada penelitian ini maka penulis mengambil sampel adalah siswa kelas VII dan pengambilan sampel penelitian ini sampling jenuh. Sedangkan objeknya dalam penelitian ini adalah Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan yang menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus test-t yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah YPUI Teratak. Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa untuk faktor pembelajaran sebesar 0,005≤ 0, 05 maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, ini artinya, ada pengeruh positif Strategi Pembelajaran Ekspositori terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawih YPUI Teratak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Sep 2016 06:34
Last Modified: 03 Sep 2016 06:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item View Item