Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEMIOTIK VIDEO MOTION GRAFIS PADA IKLAN UNILEVER “SETIAP U BERI KEBAIKAN”

M.DZAKY FARHAN, - (2023) ANALISIS SEMIOTIK VIDEO MOTION GRAFIS PADA IKLAN UNILEVER “SETIAP U BERI KEBAIKAN”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI M.DZAKY FARHAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : M.Dzaky Farhan Program studi : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Semiotik Video Motion Grafis Pada Iklan Unilever “Setiap U Beri Kebaikan” Seiring perkembangan zaman Periklanan kini menciptakan kebutuhan bagi konsumen. cara mengiklankan produk sudah beraneka ragam contohnya dengan menggunakan video animasi motion grafis sebagai media periklanan produk dalam hal ini berkaitan dengan multi media. Seiring perkembangan bidang multimedia, bisa dibilang tidak bisa lepas dari ilmu desain grafis, broadcasting, dan audio visual. Hal ini membuat semua perusahaan, pemerintah, pendidikan atau organisasi apapun untuk mengembangkan informasi dari berbagai media yang sesuai dengan perkembangan, seperti iklan. Salah satu perusahaan yang melakukan promosi terhadap produk-produknya adalah Unilever. Dalam iklan tersebut Unilever melakukan promosi tentang produknya melalui iklan-iklan yang kreatif dan unik. Iklan Unilever yang terbaru adalah iklan yang menggunakan motion graphics dengan judul “Setiap U Beri Kebaikan”. Penelitian ini menarik bagi saya untuk dilakukan karena sebagai pengetahuan untuk mengetahui pesan yang disampaikan dengan penerapan motion grafis pada iklan Unilever pada tahun 2021. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori semiotika Ferdinand desaussure dengan tujuan menginterpretasikan penanda dan petanda dalam iklan tersebut, jenis penelitian observasi langsung dan studi pustaka. Sumber primer dalam penelitian ini adalah melalui akun youtube dan instragram unilever indonesia, dan website resmi unilever indonesia. sedangkan data sekunder melalui jurnal buku, skripsi, dan literasi lainya. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa iklan unilever indonesia “setiap U beri kebaikan” ini mengandung pesan kampanye baik secara eksplisit maupun implisit seperti contohnya kampanye mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar menggunakan lifebuoy dan pepsodent, mendukung usaha wanita dan para petani indonesia dengan sunlight dan bango. Kata kunci :Semiotika, Motion Grafis, Iklan, Unilever Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:46
Last Modified: 10 Mar 2023 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69206

Actions (login required)

View Item View Item