Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIVITAS DAKWAH IKATAN REMAJA MASJID AR-RAHIM KELURAHAN TANGKERANG SELATAN

Nada Suci Ramadini, Nada (2023) AKTIVITAS DAKWAH IKATAN REMAJA MASJID AR-RAHIM KELURAHAN TANGKERANG SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi upaya mengungkapkan bagaimana proses aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Ikatan Remaja Masjid Ar-Rahim Kelurahan Tangkerang Selatan. Dalam aktivitas dakwah ada tiga pilar penting didalamnya yaitu: Dakwah Bil-Lisan, Dakwah Bil-Hal dan Dakwah Bil-Qalam. Dalam penelitian ini digunakannya meteode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data dalam penelitian ini ditemukan dari hasil observasi langsung ke Masjid Ar-Rahim. Kemudian dilakukannya wawancara dengan lima orang informan dan mengumpulkan dokumentasi sebagai penguat penelitian. Dari hasil yang ditemukan, Ikatan Remaja Masjid Ar-Rahim melakukan dakwah Bil Lisan dengan diadaknnya mengikuti kajian rutin, pemberian nasehat dengan diadakannya kumpul seluruh remaja, dan tampil depan umum sebagai mc di hari-hari besar Islam. Dalam dakwah Bil Hal dibagi menjadi dua bagian yaitu; keteladanan dan karya nyata. Dalam perihal keteladanan para remaja membuktikannya dengan memakai baju koko untuk remaja dan pakaian gamis untuk remaji. Sedangkan karya nyata dibuktikan dengan belajar seni baca qur’an memberikan sarapan gratis, penyedian air minum gratis, olahraga rutin dan pendampingan didikan shubuh. Dan terakhir dakwah Bil Qalam dilakukan dengan penggunaan media cetak dan online. Dalam media cetak dibuatlah himbauan seperti; doa masuk dan keluar masjid, jagalah kebersihan, matikan air setelah digunakan dan lainnya. Sedangkan media online dengan cara pemanfaatan media sosial yaitu Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Dakwah, Remaja
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:12
Last Modified: 10 Mar 2023 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69205

Actions (login required)

View Item View Item