Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN RISIKO USAHA RENTAL MOBIL PADA ADZKIYA RENTAL CAR TARAI BANGUN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

FIRMAN IKHSAN, - (2022) MANAJEMEN RISIKO USAHA RENTAL MOBIL PADA ADZKIYA RENTAL CAR TARAI BANGUN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIRMAN IKHSAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Firman Ikhsan, (2023): Manajemen Risiko Usaha Rental Mobil Pada Adzkiya Rental Car Tarai Bangun Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi manajemen risiko usaha rental mobil pada Adzkiya Rental Car Tarai Bangun dimana didalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang menjadi kejanggalan sebagaimana penyewa tidak mengetahui tentang pelaksanaan sewa menyewa kendaraan di Adzkiya Rental Car seperti resiko kecelakaan, kehilangan dan lain sebagainya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen risiko usaha rental mobil pada rental mobil adzkiya car tarai bangun dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap manajemen risiko usaha rental mobil pada rental mobil adzkiya rental car tarai bangun’ Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan studi langsung ke lapangan (field research) adapun informan dalam penelitian ini barjumlah 6 orang diantaranya, 1 orang pemilik usaha rental mobil Adzkiya Rental Car Tarai Bangun, 1 orang driver dan 4 orang konsumen yang melakukan sewa menyewa pada Adzkiya Rental Car Tarai Bangun. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tentang Manajemen Risiko Usaha Rental Mobil Pada Rental Mobil Adzkiya Rental Car Tarai Bangun Perspektif Ekonomi Syariah. Pertama manajemen risiko usaha rental mobil pada rental mobil adzkiya car tarai bangun didalam pelaksanannya penyewa harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh Rental Mobil Adzkiya Rental Car Tarai bangun dan penyewa harus menandatangani perjanjian yang sudah ditetapkan oleh pihak Rental Mobil, pelaksanaan sistem sewa pada Rental Mobil Adzkiya Rental Car, bahwasanya didalam pelaksanaanya berjalan tidak sesuai dengan ketentuan dikarnakan pihak penyewa tidak bertangung jawab penuh terhadap kerusakan kendaraan dan tidak mengetahui risiko-risiko dalam rental mobil, kemudian pihak penyewa tidak sanggup sepenuhnya menanggung biaya kerusakan kendaraan dan pihak Adzkiya Rental Car juga memberikan asuransi kendaraan dan asuransi yang diberikan hanya berkaitan dengan pihak pemilik rental dan perusahaan asuransi bukan dengan penyewa kendaraan. Kedua pandangan Ekonomi Syariah terhadap manajemen risiko usaha rental mobil pada rental mobil Adzkiya Rental Car Tarai Bangun belum sesuai dengan Ekonomi Syariah, karena pada pelaksanaannya pihak rental mobil tidak mengetahui cara memelihara harta muqashid syariah dalam usaha rental mobil, seperti risiko yang terjadi dalam rental mobil yaitu kecelakaan,kehilangan mobil yang di rental. Kata Kunci : Implementasi, Penyewaan Mobil, Perspektif Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:21
Last Modified: 09 Mar 2023 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69202

Actions (login required)

View Item View Item