Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PERSUASIF DOMPET DHUAFA RIAU DALAM MENARIK MINAT BERDONASI MELALUI INSTAGRAM

DITHA ANANDA ZULHIJJAH, - (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DOMPET DHUAFA RIAU DALAM MENARIK MINAT BERDONASI MELALUI INSTAGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DITHA ANANDA ZULHIJJAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Ditha Ananda Zulhijjah NIM : 11840324026 Judul Skripsi : Komunikasi Persuasif Dompet Dhuafa Riau Dalam Menarik Minat Berdonasi Melalui Instagram Hadirnya lembaga-lembaga nirlaba di Indonesia yang bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi lembaga yang aktif dalam menarik minat berdonasi, salah satu nya dilakukan oleh lembaga Dompet Dhuafa Riau (DDR) dengan menggunakan media sosial instagram yang menjadi pendekatan saat ini dalam menarik minat calon donatur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif yang dilakukan Dompet Dhuafa Riau dalam menarik minat berdonasi melalui instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang disajikan dalam bentuk rangkuman temuan penelitian secara sistematis sekaligus menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa Riau menggunakan konsep AIDDA sebagai tahapan komunikasi persuasif atau juga biasa disebut sebagai A-A Procedure (from Attention to Action) yang dikemukakan oleh Wilbur Schramm. Konsep AIDDA merupakan singkatan dari Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Hasrat/keinginan), Decision (Keputusan), Action (Tindakan). Komunikasi persuasif yang dilakukan Dompet Dhuafa Riau dalam menarik minat followers untuk berdonasi adalah dengan menyajikan konten-konten postingan yang menarik seperti program yang dilakukan, caption dan hastag yang menyentuh, dan juga dokumentasi yang didapat agar bisa membangkitkan perhatian followers yang kemudian diakhiri dengan tindakan untuk berdonasi melalui instagram Dompet Dhuafa Riau. Kata kunci: Dompet Dhuafa Riau, Konsep AIDDA, Menarik Minat Berdonasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:52
Last Modified: 08 Mar 2023 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69200

Actions (login required)

View Item View Item