PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TYPE GROUP INVESTIGASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH AL-FAJAR KOTA PEKANBARU

Ali Akbar, (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TYPE GROUP INVESTIGASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH AL-FAJAR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran type group investigasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al- fajar kota Pekanbaru.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah tsanawiah Al Fajar Pekanbaru.Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah tsanawiah Al Fajar Pekanbaru tahun ajaran 2014-2015.Objek penelitian adalah penggunaan strategi group investigasi danmotivasi belajar Fiqih.Untuk mengumpulkan data penulis menggunakana ngket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian di analisa dengan rumus teknik statistik nonparametris dengan menggunakan uji Mann-Whitney U Test. Setelah penulis sajikan dan penulis analisa, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan strategi Pembelajaran Gruop investigasi dan siswa yang belaja rmenggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. 2- tailed < 0,05 (0,033 < 0,05).Hal ini diperkuat juga dari mean yang diperoleh oleh kedua kelas, dimana mean kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berturut- turut adalah 42,3 dan 40,67. Artinya, dari adanya perbedaan maka terdapat Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Group Investigasi terhadap Motivasi Belajar Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Kota Pekanbaru..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Sep 2016 06:30
Last Modified: 03 Sep 2016 06:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item