Alfius (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SDN 012 TAMBAK KECAMATAN LANGGAM KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di SDN 012 Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan dijumpai gejala-gejala yang berhubungan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya: Hanya 11 orang (54%) siswa dari 21 orang siswa yang tergolong tekun menghadapi tugas saat proses pembelajaran di kelas. Siswa kurang kritis dengan mata pelajaran yang diajarkan, misalnya bertanya atau bahkan enggan bertanya jika kurang mengerti. Dari 21 orang siswa 8 orang (45%) senang dan rajin belajar, penuh semangat, dengan kegiatannya masing-masing. Kemudian dalam proses pembelajaran guru kurang menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga terlihat kelesuan dalam belajar. Berdasarkan gejala tersebut penulis ingin mningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan rumusan masalah yaitu apakah penerapan strategi Word Square dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam Siswa Kelas IV SDN 012 Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan strategi Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 012 Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil tindakan, refleksi dan observasi terhadap motivasi belajar siswa bahwa motivasi belajar siswa sebelum dilakukan tindakan tergolong “kurang” dengan persentase 54% berada pada interval 41%-55% dengan kategori kurang, pada siklus I diperoleh rata-rata 71% berada pada interval 71%-85% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II diperoleh rata-rata 78% berada pada interval 71%-85% dengan kategori baik., dan pada siklus III diperoleh rata- rata 89% berada pada interval 86%-100% dengan kategori baik sekali. Dengan hasil penerapan dari setiap siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Word Square dapat meningkatkan motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 012 Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Sep 2016 06:27 |
Last Modified: | 03 Sep 2016 06:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6919 |
Actions (login required)
View Item |