Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Strategi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Dalam Penghimpunan Zakat di Baznas Provinsi Riau”.

Asra Wafa, - (2023) “Strategi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Dalam Penghimpunan Zakat di Baznas Provinsi Riau”. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asra Wafa (2022): “Strategi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Dalam Penghimpunan Zakat di Baznas Provinsi Riau”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh program pengentasan kemiskinan yang sedang digalakkan oleh pemerintah, maka diharapkan Baznas Provinsi Riau dapat berperan aktif untuk menekan angka kemiskinan tersebut dengan melakukan pengelolaan dana zakat secara optimal yang dimulai dari kegiatan penghimpunan. Penelitian berlokasi pada Baznas Provinsi Riau dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pada Baznas Provinsi Riau. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi UPZ dalam penghimpunan zakat di Baznas Provinsi Riau, bagaimana teknis penghimpunan zakat pada UPZ di Baznas Provinsi Riau dan bagaimana kendala dalam penghimpunan zakat pada UPZ di Baznas Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi UPZ dalam penghimpunan zakat di Baznas Provinsi Riau, untuk mengetahui teknis penghimpunan zakat pada UPZ di Baznas Provinsi Riau dan untuk mengetahui kendala dalam penghimpunan zakat pada UPZ di Baznas Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk analisis deskriptif. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi UPZ dalam penghimpunan zakat di Baznas Provinsi Riau, yaitu pemanfaatan instruksi gubernur, transparansi program bantuan, pemanfaatan media digital dan layanan konsultasi zakat. Teknis penghimpunan zakat pada UPZ di Baznas Provinsi Riau dengan menggunakan metode langsung yaitu sosialisasi dan seminar, kunjungan langsung dengan dialog, silaturahmi ke Universitas dan Pesantren, kemudian metode tidak langsung yaitu pemanfaatan rekening bank. Kendala dalam penghimpunan zakat pada UPZ di Baznas Provinsi Riau secara eksternal yaitu literasi yang kurang pada muzaki secara sistematik sehingga menyebabkan kurang percaya, kesadaran, dukungan perusahaan swasta level Provinsi. Dan secara internal yaitu kurangnya promosi digital, kinerja aktif, kerja full time, kurangnya transparansi pelaporan keungan baik penghimpunan maupun pendistribusian kepada muzakki, dan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dalam kepengurusan UPZ. Kata Kunci: Strategi, UPZ, Penghimpunan, Zakat dan Baznas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:33
Last Modified: 08 Mar 2023 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69189

Actions (login required)

View Item View Item