Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE METHOD OF MEMORIZING AL-QUR'AN AT ISLAMIC BOARDING SCHOOL (COMPARATIVE STUDY AT UMMU AIMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL AND AN-NAHL ISLAMIC BOARDING SCHOOL KAMPAR)

MIFTAHUL JANNAH, - (2023) THE METHOD OF MEMORIZING AL-QUR'AN AT ISLAMIC BOARDING SCHOOL (COMPARATIVE STUDY AT UMMU AIMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL AND AN-NAHL ISLAMIC BOARDING SCHOOL KAMPAR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN (STUDI KOMPARATIF DI PONDOK PESANTREN UMMU AIMAN DAN PONDOK PESANTREN AN-NAHL KAMPAR) Skripsi ini berjudul “Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren (Studi Komparatif Di Pondok Pesantren Ummu Aiman Dan Pondok Pesantren An-Nahl Kampar)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaaan dalam menghafal Al-Qur‟an yang tidak terlepas dari berbagai metode yang digunakan oleh santri penghafal Al-Qur‟an karena kemampuan seseorang berbeda-beda dalam menghafal. Ada yang sangat mudah dalam menghafal, sebaliknya ada juga yang sulit menghafal serta ada juga yang kemampuan menghafalnya biasa-biasa saja. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan strategi, cara dan metode yang tepat. Dari hal ini, penulis menarik untuk membandingkan metode menghafal Al-Qur‟an di dua pesantren khusus Tahfidz Al-Qur‟an, yaitu Pondok Pesantren Ummu Aiman dan Pondok Pesantren An-Nahl Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi lapangan. Penelitian ini meliputi pembahasan mengenai karateristik metode dalam menghafal serta persamaan dan perbedaan metode dalam menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Ummu Aiman Dan Pondok Pesantren An-Nahl Kampar. Penelitian ini secara sederhana menghasilkan kesimpulan bahwa adanya persamaan metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Ummu Aiman dan Pondok Pesantren An-Nahl Kampar yaitu dengan menggunakan metode wahdah. Metode wahdah adalah metode menghafal Al-Qur‟an dengan cara menghafal satu persatu ayat Al-Qur‟an yang hendak dihafalnya dan dibaca berulang-ulang kali sehingga membentuk pola dalam bayangannya. Sedangkan perbedaannya terletak dari segi pembagian halaqah, metode sebelum menghafal Al-Qur‟an, dan target hafalannya. Kata Kunci : Metode, Menghafal, Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:34
Last Modified: 07 Mar 2023 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69188

Actions (login required)

View Item View Item