Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBACAAN AYAT AL-QUR’AN PADA RITUAL TARI TAUH DALAM TRADISI KENDURI SKO (Studi Living Qur’an Pada Masyarakat Desa Muaro Lolo Kabupaten Kerinci)

FUJI PUTRI, - (2022) PEMBACAAN AYAT AL-QUR’AN PADA RITUAL TARI TAUH DALAM TRADISI KENDURI SKO (Studi Living Qur’an Pada Masyarakat Desa Muaro Lolo Kabupaten Kerinci). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA)
BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pembacaan Ayat Al-Qur’an Pada Ritual Tari Tauh Dalam Tradisi Kenduri Sko (Studi Living Qur’an Pada Masyarakat Desa Muaro Lolo Kabupaten Kerinci)”. Tradisi Kenduri Sko adalah perhelatan paling besar bagi masyarakat Kerinci sebagai bentuk ungkapan wujud syukur kepada Allah SWT. terhadap hasil panen yang berlimpah. Tari tauh adalah sebagai ritual pemanggilan roh-roh Nenek Moyang yang tinggal di bukit-bukit sekitar yaitu Gunung Kunyit. Di dalam pelaksanaan ritual tari tauh menyadarkan para penari yang tidak sadarkan diri dengan membacakan ayat-ayat al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ritual tari tauh dalam tradisi kenduri sko di desa Muaro Lolo dan bagaimana pemahaman masyarakat terhadap ayat al-Qur’an yang dibaca pada ritual tari tauh dalam tradisi kenduri sko. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan metode deksriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) ritual tari tauh hanya dilaksanakan pada acara-acara penting atau besar saja seperti tradisi kenduri sko, acara ritual tari tauh ini dibuka dengan membaca basmalah agar acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan membaca sholawat badar yang menunjukkan suatu ungkapan munajat terhadap Allah SWT. sekaligus ber-tawassul. Serta terdapat ayat-ayat yang dibacakan pada masyarakat yang hilang kesadaran ialah surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas, 2) pemahaman mereka terhadap pembacaan ayat al-Qur’an pada praktek ritual tari tauh ini tidak lain sebagai media pemyembuhan, dengan memohon perlindungan kepada Allah, mengagungkan-Nya dan mendekatkan diri kepada-Nya, serta sebagai penangkal Jin sehingga terhindar dari sifat syirik. Kata Kunci: Ritual, Tari Tauh, Living Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:35
Last Modified: 02 Mar 2023 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69184

Actions (login required)

View Item View Item