Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Jual Beli Baju Pada Aplikasi Tiktok Di Fitur Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah)

DITA NATASIA, - (2023) Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Jual Beli Baju Pada Aplikasi Tiktok Di Fitur Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dita Natasia, 2023: Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Jual Beli Baju Pada Aplikasi Tiktok Di Fitur Tiktok Shop (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah) Penelitian ini adalah penelitian di lapangan yaitu penelitian yang dilakukan di lokasi yang menjadi objek penelitian yaitu UIN Suska Riau. Penelitian dalam permasalahan ini adalah apakah jual beli baju pada Tiktok Shop sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah Fiqh Muamalah yang mana sampel yang dijadikan informan dalam penelitian ini 30 orang yang mana terdiri dari 4 penjual, 2 jasa kirim, dan 24 pembeli dengan teknik “Social Situatin” . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan metode pengumpulan data primer menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dan dilengkapi dengan data skunder berasal dari beberapa kitab dan nuku-buku hukum yang berkaitan dengan yang diteliti. Sesuai hasil penelitian dapat disimpulkan, jika dipandang berdasarkan Fiqh muamalah bahwa pelaksanaan jual beli baju pada Tiktok Shop telah memenuhi syarat dan rukun dalam jual beli menggunakan media atau di dalam muamalah jual beli salam (pesanan) yaitu terpenuhi adanya penjual dan pembeli, adanya objek akad, dan adanya sighat (ijab dan qabul). Walaupun ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya misalnya kekeliruan penjual dalam mengirimkan barang terkadang tidak sesuai pesanan dan ada keterlambatan pengiriman namun hal tersebut hanya kesalahan teknis saja dan ada kompensasi bagi pembeli. Semakin pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini membuat kehidupan masyaratak tidak bisa terpisahkan dari media, berbeda dengan transaksi akad jual beli salam pada masa Rasulullah SAW. yang dulunya dilakukan secara langsung dan bertatap muka. Sedangkan sekarang dengan perkembangan-perkembangan teknologi komunikasi transaksi jual beli salam lebih banyak dilakukan menggunakan media online karena lebih memudahkan pembeli dan penjual dalam bertransaksi. Dalam prinsip Fiqh muamalah, jual beli salam (pesanan) ini sah saja dilakukan dan diperbolehkan meskipun melalui media dan jarak jauh. Karena barangnya dapat dilihat berupa gambar, jenis dan ukurannya sudah dijelaskan oleh penjual. Kalaupun ada bentuk kerugian yang diterima oleh pembeli maka akan ada ganti rugi atau kompensasinya jadi penulis menyimpulkan bahwa jual beli ini dianggap jual beli yang diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:41
Last Modified: 01 Mar 2023 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69161

Actions (login required)

View Item View Item