Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR DI DESA HARAPAN MAKMUR KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Aji Resta Ariawan, - (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR DI DESA HARAPAN MAKMUR KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Aji Resta-Skripsi tanpa BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Aji Resta-Skripsi BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)

Abstract

ABSTRAK Aji Resta Ariawan (2023):”Implementasi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Pencemaran Air Di Desa Harapan Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Perspektif Fiqih Siyasah” Alasan dibuatnya penelitian ini berangkat dari pencemaran air akibat limbah yang dihasilkan oleh pabrik tahu di desa Harapan Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Di mana pencemaran tersebut sudah sangat mengganggu warga sekitar dan memberikan dampak yang buruk bagi lingkuingan. Dengan keluarnya Perda No. 5 Tahun 2020 tentang pengendalian pencemaran air sehingga penulis ingin meneliti mengenai implementasi Peraturan daerah tersebut di desa Harapan Makmur. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah perda No. 5 tahun 2020 tentang pengendalian pencemaran air sudah terimplementasi di Desa Harapan Makmur dan bagaimana perspektif fiqih siyasah terhadap implementasi Perda No. 5 tahun 2020 tentang pengendalian pencemaran air di Desa Harapan Makmur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan dengan metode analisi deskriptif. Demgam jumlah Informan penelitian sebanyak 9 orang.. Data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu mengorganisasikan,menjabarkan data, menyusun kedalam pola dan membuat kesimpulan agar dapat dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Perda No. 5 Tahun 2020 tentang Pengendalian Pencemaran Air di Desa Harapan Makmur sudah berjalan namun belum maksimal. Di mana yang sudah terimplementasi hanya pada point pengelolahan limbah, memberi peringatan tentang adanya pencemaran akibat limbah tahu, menangani pencemaran, dan mengolah limbah menjadi bahan berguna seperti pupuk, pakan ternak. Sedangkan tinjauan siyasah terhadap pelaksanaan Perda No. 5 tahun 2020 tentang pengendalian pencemaran air mengaitkan tentang tanggung jawab terhadap masyarakat dalam bentuk seorang Khalifah, bertanggung jawab pada diri sendiri, sesama makhluk hidup dan seluruh alam termasuk kelestarian lingkungan. Di sinilah pemerintah desa yang diamanatkan untuk menjadi pemimpin desa dan juga pemilik usaha tahu yang seharusnya bekerja sama mengatasi keruskan dan bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan yang terjadi akibat limbah produksi tahu. Kata Kunci: Implementasi, Perda No. 5 Tahun 2020, Pengendalian, Pencemaran Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:53
Last Modified: 27 Feb 2023 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69155

Actions (login required)

View Item View Item