Karina Permata Winanda, - (2023) PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI IPA KELAS VIII SEMESTER GANJIL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV_organized.pdf - Published Version Download (15MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV (4).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan soal HOTS dan menghasilkan tes HOTS berbentuk pilihan ganda berdasarkan kriteria kualitas instrumen soal. Kriteria tersebut diantaranya validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan model Borg and Gall dengan tujuh tahapan, research and development (pencarian dan pengumpulan data), planning (perencanaan), develop preliminary from of product (pengembangan bentuk produk awal), preliminary field testing (uji coba lapangan awal, (main product revision) revisi hasil uji coba lapangan, main field testing (uji coba lapangan utama), final product revision (revisi akhir produk). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMPN 13 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal tes dan lembar validasi. Kevalidan diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi hasil analisis aspek materi bernilai 89,58% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis aspek konstruk bernilai 92.86% berkategori sangat valid sedangkan hasil analisis bahasa bernilai 88.89% berkategori sangat valid sehingga soal HOTS yang dikembangkan memiliki nilai hasil persentasi 91% berkategori sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap uji coba lapangan utama dihasilkan soal HOTS dimana reliabilitas instrumen tes dinyatakan reliabel dengan nilai 0,848 berkategori sangat tinggi. Pada analisis tingkat kesukaran soal dapat diketahui bahwa 37 soal berada pada kategori cukup dan 3 soal berkategori mudah. Pada analisis daya pembeda dapat diketahui bahwa tidak ada daya pembeda yang ditolak ataupun diperbaiki (DP > 0,25) sehingga menghasilkan soal HOTS yang baik dengan jumlah butir tes soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:36 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69098 |
Actions (login required)
View Item |