Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENENUN BAGI PEREMPUAN MELAYU RIAU: ANTARA PELUANG USAHA DAN PELESTARIAN BUDAYA

Hasbullah and Wilaela and Riska Syafitri (2020) MENENUN BAGI PEREMPUAN MELAYU RIAU: ANTARA PELUANG USAHA DAN PELESTARIAN BUDAYA. Palastren: Jurnal Studi Gender, 13 (1).

[img]
Preview
Text
PALASTREN Menenun Bagi Perempuan Melayu Riau Antara Peluang Usaha dan Pelestarian Budaya.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan aktivitas menenun bagi Perempuan Melayu yang dilihat dari dua sisi, yaitu peluang usaha dan pelestarian budaya. Metode yang digunakan dalam Penelitan ini adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara terhadap perajin tenun, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Hasil kajian ini menyimpulkan bahwa peluang usaha muncul sebagai akibat dari otonomi daerah dan kebijakan Pemerintah Provinsi Riau untuk menggali berbagai khasanah lokal khas Riau. Pada saat ini sudah muncul pusat-pusat penghasil kain tenun dan juga sentra-sentra yang menjual kain tenun. Sedangkan pelestarian budaya merupakan efek dari kebijakan tersebut yang membuat para perajin tenun kembali bergairah untuk menekuninya karena memiliki nilai ekonomis. Pewarisan keterampilan menenun tidak lagi hanya terbatas pada keluarga perajin, melainkan juga sudah meluas kapada masyarakat yang meminatinya. Pemerintah mendukung dengan berbagai program dan kebijakan, seperti memakai songket dalam acara tertentu dan gerakan Riau bertanjak, agar keterampilan menenun tetap bertahan dan berkembang di tengah masyarakat Melayu Riau.

Item Type: Article
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:07
Last Modified: 23 Feb 2023 01:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69077

Actions (login required)

View Item View Item