Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN KELAS 11 SMA 1 TANDUN

DEVITASARI DWI UMAISSAROH, - (2023) HUBUNGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN KELAS 11 SMA 1 TANDUN. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASILPENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DEVITASARI DWI UMAISSAROH (2023) : HUBUNGAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN KELAS 11 SMA 1 TANDUN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Siswa kelas XI di SMA 1 Tandun pada materi Dinamika Kependudukan. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket dan test. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis correlations. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lingkungan Keluarga diperoleh kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat dilihat bahwa nilai Sig. sebesar 0,599 lebih besar dari > 0,05 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan, Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Kemudian diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,098 berarti Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan maka terdapat korelasi (Ha diterima). Berdasarkan hasil perhitungan di atas, dapat dilihat bahwa nilai Sig. sebesar 0,599 lebih besar dari >0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang signifikan. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.Selain itu, diperoleh juga koefisien korelasi sebesar 0,098. Berdasarkanperhitungan korelasi tersebut adanya hubungan negatif yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar. Hal tersebut berarti semakin tinggi hubungan Pendidikan di lingkungan keluarga seorang siswa maka akan semakin tinggi hasil belajar nya. Sebaliknya, semakin rendah hubungan Pendidikan lingkungan keluarga seorang siswa maka akan semakin rendah hasil belajar nya. Dengan kata lain, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pendidikan dilingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa pada materi dinamika kependudukan di SMA 1 Tandun. Kata Kunci : Hubungan, Lingkungan Keluarga, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Feb 2023 00:54
Last Modified: 22 Feb 2023 00:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/69044

Actions (login required)

View Item View Item