PENERAPAN TEKNIK ISI YANG TERSEMBUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH DESA AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Eliza Rahayuningsih, (2014) PENERAPAN TEKNIK ISI YANG TERSEMBUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PULAU TENGAH DESA AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik isi yang tersembunyi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi KPK dan FPB di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik isi yang tersembunyi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2014- 2015 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terbagi atas 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik isi yang tersembunyi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 70 adalah 7 orang siswa atau dengan persentase 46,67%, siklus I meningkat menjadi 11 orang siswa atau dengan persentase 73,33%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 14 orang siswa atau dengan persentase 93,33%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan teknik isi yang tersembunyi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pulau Tengah Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Sep 2016 04:43
Last Modified: 03 Sep 2016 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6903

Actions (login required)

View Item View Item