Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kovalen

Vivi, - (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kovalen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vivi (2023) :Pengaruh Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kovalen Model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) adalah salah satu alat alternatif bagi guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang baik karena dirancang berdasarkan teori pembelajaran. Prestasi belajar merupakan hasil yang dapat dicapai oleh seseorang secara sadar atau tidak sadar dengan hasil kerja keras siswa tersebut dengan cara belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi ikatan kovalen. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan materi Ikatan Kovalen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dimana subjek dalam penelitian ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest, wawancara dan dokumentasi untuk memperkuat data yang di peroleh. Hasil penelitian posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0 < 0,05 sehingga menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata N-gain kemampuan hasil belajar siswa kelas eksperimen 11,43 % dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 5,71% dengan kategori sedang. Kesimpulannya adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajara ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) efektif digunakan terhadap kemampuan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction), Prestasi Belajar Siswa, Ikatan Kovalen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:22
Last Modified: 14 Feb 2023 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68909

Actions (login required)

View Item View Item