SAVIRA, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR WIDYS DALAM MENSOSIALISASIKAN UNTUK MENARIK MINAT CALON SISWA DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Savira Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Lembaga Bimbingan Belajar Widys Dalam Mensosialisasikan Untuk Menarik Minat Calon Siswa di Kota Pekanbaru Adanya permasalahan dalam memahami pelajaran di sekolah sehingga membuat siswa membutuhkan alternatif lain untuk belajar. Salah satu cara agar siswa mendapatkan tambahan ilmu dan tambahan waktu belajar, adalah melalui lembaga bimbingan belajar. Lembaga bimbingan belajar merupakan lembaga pendidikan non-formal yang membantu siswa dalam memahami pelajaran di luar sekolah. Tanpa adanya siswa, maka lembaga bimbingan belajar tidak akan dapat bertahan dan beroperasional, terutama pada lembaga bimbingan belajar Widys. Persaingan bisnis yang semakin kuat pada bisnis lembaga bimbingan belajar, mendorong lembaga bimbingan belajar Widys untuk menerapkan strategi komunikasi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Widys dalam mensosialisasikan untuk menarik minat calon siswa. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggambarkan objek berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk menarik minat siswa lembaga bimbingan belajar Widys menggunakan strategi komunikasi berdasarkan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yang meliputi Periklanan (Advertising) dengan memanfaatkan media sosial dan media cetak untuk melakukan promosi. Penjualan Personal (Personal Selling) dengan turun langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Pekanbaru untuk melakukan sosialisasi tentang Widys. Hubungan Masyarakat dan Publisitas dengan melakukan kegiatan di tempat umum untuk memperkenalkan Widys ke hadapan masyarakat. Pemasaran Langsung (Direct Marketing) yang dilakukan melalui komunikasi di media sosial. Terakhir, yaitu Internet Marketing dengan memanfaatkan jaringan internet dan media sosial untuk melakukan pemasaran. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Lembaga Bimbingan Belajar, IMC
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 06:26 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 06:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68881 |
Actions (login required)
View Item |