Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KAUTSAR KOTA PEKANBARU

YOSUA JEDIDA, - (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KAUTSAR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOSUA JEDIDA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yosua Jedida (2023): Implementasi Tugas Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi tugas kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Kota Pekanbaru. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, yaitu informasi berupa huruf bukan angka, adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan 5 (lima) tenaga pendidik/guru. Kunci informan pada penelitian ini adalah kepala madrasah karena kepala madrasah terlibat setiap hari secara langsung dengan kegiatan tenaga pendidikan dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data ialah mengunakan teknik wawancara/ interview, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tringualasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai pemimpin di dalam lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Kota Pekanbaru memberikan pengaruh kinerja yang cukup baik, sehingga terjalinnya proses dari tenaga pendidik atau guru yang cukup baik pula. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan proses pembelajaran dengan menunjukkan progres kinerja yang cukup baik. Hal tersebut dapat dinilai dari perangkat pembelajaran yang cukup lengkap, bentuk media pembelajaran yang berada dalam tahap penyesuaian serta seluruh tenaga pendidik ikut andil dalam pelatihan-pelatihan yang diadakan di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sangatlah memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dan juga kinerja para tenaga pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Supervisi, Kinerja, Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:14
Last Modified: 07 Feb 2023 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68856

Actions (login required)

View Item View Item