Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN KONFLIK TAPAL BATAS DI WILAYAH KABUPATEN SIAK (Studi Kasus Sengketa Tapal Batas di Kampung Jayapura dan Kampung Suak Merambai Kecamatan Bungaraya)

Achmad Anshari Rusli, Achmad (2022) MANAJEMEN KONFLIK TAPAL BATAS DI WILAYAH KABUPATEN SIAK (Studi Kasus Sengketa Tapal Batas di Kampung Jayapura dan Kampung Suak Merambai Kecamatan Bungaraya). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Kasus Sengketa Wilayah atau Sengketa Tapal Batas kerap kali terjadi pada daerah-daerah yang sedang dalam pembangunan. Pemekaran-pemekaran wilayah dapat menyebabkan konflik sosial antar warga daerah yang bertetanggaan atau berbatasan. Hal ini biasanya disebabkan oleh dislokasi Pemerintah dalam menetapkan wilayah, kurangnya analisis dan observasi di wilayah-wilayah sekitar daerah yang akan dimekarkan. Kasus seperti ini dialami oleh Kampung Jayapura dan Kampung Suak Merambai di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau. Pada konflik antara dua belah pihak ini Pemerintah Kabupaten Siak menjadi penengah atau mediator dalam penyelesaian konflik yang telah berjalan selama 11 tahun ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan konflik dan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh kedua belah pihak, serta menjabarkan indikator-indikator manajemen konflik yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten siak untuk mendapatkan jawaban mengapa konflik ini tak kunjung selesai hingga pada saat ini.Teknik penentuan informan yang di gunakan penulis adalah teknik purposive sampling. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan hal-hal khusus dengan data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Manajemen Konflik oleh Pemerintah Kabupaten Siak ini belum cukup optimal berdasarkan indikator-indikator yang dijabarkan yaitu (1) Kedua Belah pihak yang berkonflik salah satunya masih lari dari konflik atau menarik diri dari konflik. (2) Kompromi dan Negosiasi tidak terlaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Konflik, Sengketa Wilayah, Mediasi.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:49
Last Modified: 03 Feb 2023 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68840

Actions (login required)

View Item View Item