Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS ISLAMI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA LANSIA (Studi pada Jemaah lansia mengikuti Suluk)

SUHERDI, - (2023) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS ISLAMI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA LANSIA (Studi pada Jemaah lansia mengikuti Suluk). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS ISLAMI DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA LANSIA (Studi Pada Jemaah Lansia Mengikuti Suluk) Oleh Suherdi (herdipku18@gmail.com) │0823-8998-8876 Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Kesejahteraan psikologis merupakan hal yang penting untuk setiap individu, tidak terkecuali pada lanjut usia (lansia). Salah satu faktor yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis adalah Religiusitas Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas Islami dengan psychological well-being pada lansia yang mengikuti suluk. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan sampel berjumlah 128 lansia mengikuti suluk yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala yang dimodifikasi dari Ryff‟s scale of psychological well-being, dan skala religiusitas Islami dimodifikasi dari skala Muslim Religiuity Personality Inventory. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment menunjukan bahwa terdapat hubungan antara religiusitas Islami dengan psychological well-being pada lansia yang mengikuti suluk dengan nilai (r = 0,393, p = 0,000) yang berarti semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologisnya. Kata Kunci : Psychological well-being, Religiusitas Islami, Lansia mengikuti suluk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:57
Last Modified: 03 Feb 2023 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68838

Actions (login required)

View Item View Item