FAKHRI KALA, - (2023) ANALISIS SEMIOTIKA TEKNIK SINEMATOGRAFI IKLAN GOJEK “HASHTAG SEBELUM GOJEK”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI FAKHRI KALA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Fakhri Kala Nim : 11840311808 Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Semiotika Teknik Sinematografi Iklan Gojek “Hashtag Sebelum Gojek” Iklan Gojek yaitu Iklan Hashtag “Sebelum Gojek” adalah salah satu iklan yang dibuat oleh Gojek Indonesia dalam mempromosikan layanan mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana makna denotasi, konotasi dan teknik sinematografi yang digunakan pada iklan Gojek “Hashtag Sebelum Gojek”. Tujuan penelitian ini untuk menguraikan makna denotasi dan konotasi serta mengetahui teknik sinematografi yang digunakan pada iklan Gojek “Hashtag Sebelum Gojek”. Penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dan sinematografi teori Joseph V. Mascelli A.S.C dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan makna denotasi menggambarkan permasalahan seperti berdebat dalam menentukan makanan yang dipilih, kesusahan dalam mencari parkiran kosong saat sedang bepergian dan terlalu lama pergi dan kembalian saat berbelanja. Makna konotasi adalah dengan mendownload aplikasi Gojek kita dapat memesan makanan tidak perlu lagi berdebat, tidak perlu lagi pusing mencari parkir saat bepergian dan tidak perlu lagi membeli popok jalan jauh. Semua dapat dilakukan dalam satu aplikasi yaitu Gojek yang dapat di unduh semua perangkat android maupun IOS. Adapun keseluruhan teknik Sinematografi yang digunakan dalam Iklan “Hashtag Sebelum Gojek” adalah, Composition: Establishing Shot (ES) 5 kali, The Rule of Thirds 4 kali, Over the shoulder shot (OSS) 6 kali, Looking Room / Nose Room 3 kali, Point of view (POV) 1 kali. Type Shot : Full Shot (FS) 9 kali, Long Shot (LS) 2 kali, Medium Close Up (MCU) 11 kali, Medium shot (MS) 2 kali, Medium long shot (MLS) 1 kali, Close Up (CU) 2 kali. Angle shot : High angle 12 kali, Normal / Eye angle 7 kali, Low angle 8 kali. Sementara yang tidak digunakan pada Iklan Hashtag Sebelum Gojek adalah Composition: Head Room dan Aerial Shot, Type Shot: Big Close Up dan Ekstrem Close Up . Kata kunci : Semiotika, Sinematografi, Iklan, Gojek
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 07:06 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 07:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68817 |
Actions (login required)
View Item |