Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP/MTs BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN DAN HADITS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP

ELZA ARDEA NADELA, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP/MTs BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN DAN HADITS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Elza Ardea Nadela, (2023) : Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Ayat Al-Qur’an dan Hadits Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurangnya bahan ajar yang terintegrasi ayat Al- Quran dan hadits pada pembelajaran IPA di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Dalam proses pembelajaran di MTs Al-Muttaqin masih menggunakan bahan ajar berupa buku LKS, dan buku paket. Masih jarangnya penggunaan bahan ajar yang memakai modul dan elekronik modul. Penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk E-Modul IPA SMP-MTs berbasis Socio Scientific Issues (SSI) terintegrasi ayat Al-Quran dan Hadits pada materi interaksi makhluk hidup. Bahan ajar ini dibuat sebagai penunjang pembelajaran peserta didik secara mandiri dengan isi yang menarik dan dilengkapi dengan simulasi virtual. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model plomp. Terdapat 3 tahap pengembangan sesuai dengan tahap pengembangan Plomp yaitu, pendahuluan (Preliminary research / front-end analysis), pembentukan prototipe (prototyping stage), dan penilaian (assessment phase). Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan menggunakan angket validitas, kepraktisan, dan respon peserta didik. Hasil validitas produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli integrasi ayat Al-Quran dan Hadits dengan score 91,5%, ahli materi pembelajaran dengan score 95%, ahli bahan ajar dengan score 91,5%, dinyatakan sangat praktis oleh guru dengan score 91,2%, dan dinyatakan sangat praktis oleh peserta didik dengan score 90,7% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid untuk digunakan. Berdasarkan respon peserta didik pada uji coba terkait dengan produk e-modul IPA SMP/MTs berbasis Socio scientific issues (SSI) terintegrasi ayat Al-Quran dan Hadits pada materi interaksi makhluk hidup sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2023 12:27
Last Modified: 31 Jan 2023 12:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68809

Actions (login required)

View Item View Item