Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan.

NUR AZIZAH, - (2023) Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (TANPA BAB IV)
WATEMARK - TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
WATEMARK BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Nur Azizah, (2023): Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih jarangnya bahan ajar berupa e- modul yang berbasis Socio Scientific Issues (SSI) dan Terintegrasi Nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan unutk menghasilkan bahan ajar e-modul IPA SMP/MTs berbasis Socio Scientific Issues (SSI) terintegrasi nilai keislaman pada materi energi dalam sistem kehidupan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Langkah penelitian dalam penelitian ini dibatasi sampai dengan langkah ketiga yaitu tahap penilaian saja, hal ini dikarenakan kondisi yang peneliti hadapi dalam proses pengembangan. Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan menggunakan angket validitas, kepraktisan, dan respon peserta didik. Hasil validitas produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli integrasi nilai keislaman dengan score 86,08%, ahli materi pembelajaran dengan score 95,43%, ahli bahan ajar dengan score 85,3%, dinyatakan praktis oleh guru dengan score 97,3%, dan dinyatakan sangat praktis oleh peserta didik dengan score 89,6% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid untuk digunakan. Berdasarkan respon peserta didik pada uji coba terkait dengan produk e-modul IPA SMP/MTs berbasis Socio scientific issues (SSI) terintegrasi nilai keislaman pada materi energi dalam sistem kehidupan sangat positif. Kata kunci: bahan ajar, e-modul, Socio scientific issues (SSI), integrasi nilai keislaman, energi dalam sistem kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2023 12:27
Last Modified: 31 Jan 2023 12:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68808

Actions (login required)

View Item View Item