Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBACAAN RATIB AL-HADDAD DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI KELAS XII PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN KEC. TEMPULING KAB. INDRAGIRI HILIR (Kajian Living Qur’an)

MUHAMMAD ALIF AKBAR, - (2023) PEMBACAAN RATIB AL-HADDAD DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI KELAS XII PONDOK PESANTREN DAARUL RAHMAN KEC. TEMPULING KAB. INDRAGIRI HILIR (Kajian Living Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pembacaan Ratib Al-Haddad dan Pengaruhnya terhadap Kecerdasan Emosional Santri Kelas XII Pondok Pesantren Daarul Rahman Kec. Tempuling Kab. Indragiri Hilir (Kajian Living Qur’an)”. Dzikir juga adalah salah satu ibadah yang dilakukan dengan menggunakan hati dan lisan yang tidak ada mengkhususkan waktu nya dalam melakukannya. Ratib adalah suatu kumpulan ayat-ayat Al-Qur‟an untuk dibaca dengan ruitn dan secara Bersama-sama maupun perorangan. Keutamaan dalam membaca ratib banyak sekali, diantaranya untuk menjadikan ketenangan dalam jiwa. Kumpulan dzikir ini terdapat dalam kitab Ratib Al-Haddad yang disusun oleh Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al Haddad. Kajian ini meneliti kaitan antara pembacaan dzikir Ratib Al-Haddad terhadap kecerdasan emosional pada santri kelas XII. Persoalan yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pelaksanaan pembacaan Ratib Al-Haddad di pondok pesantren Daarul Rahman? 2) Bagaimana pengaruh pembacaan Ratib al-Haddad terhadap kecerdasan emosional pada santri Pondok Pesantren Daarul Rahman? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Adapun dari hasil penelitian ini adalah, pertama pelaksanaan pembacaan Ratib Al-Haddad dengan urutan membaca Al-Fatihah, membaca Ratib Al-Haddad kemudian dilanjutkan dengan membaca do‟a-do‟a dan diakhiri dengan membaca sholawat. Selanjutnya diikuti dengan pelaksanaan sholat subuh berjama‟ah. Kedua, pembacaan Ratib Al-Haddad belum berpengaruh terhadap kecerdasan emosional santri, disebabkan santri tidak memahami makna dari membaca Ratib Al-Haddad Sedangkan sesuatu yang mempengaruhi kecerdasan emosional adalah suatu bacaan yang dapat dipahami dengan jelas dan dapat mempengaruhi pola pikir, mengubah dan mengaktifkan area sensorik otak untuk berfikir dan dari membaca itu dapat menyebabkan meningkatknya aspek dari sisi kecerdasan emosional pada anak. Kata Kunci: Dzikir, Ratib Al-Haddad, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 31 Jan 2023 10:58
Last Modified: 31 Jan 2023 10:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68796

Actions (login required)

View Item View Item