MEIDIANA MASRI NOUR SHAFNA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Meidiana Masri Nour Shafna (2023) : Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narai siswa baik menentukan alur cerita, menetukan pelaku dalam cerita serta menentukan latar cerita yang akan dibuat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa. Sedangkan Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum tindakan perbaikan yaitu 37,85 berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 55,26 dan berada pada kategori cukup tinggi. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata siswa kembali meningkat menjadi 79,19 dan pada kategori tinggi. Dengan demikian, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 10:44 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 10:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68790 |
Actions (login required)
View Item |