Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS KEGIATAN BERBAGI SEDEKAH DALAM KOMUNITAS REMAJA CINTA SEDEKAH DI DESA KUALA LALA KABUPATEN INDRAGIRI HULU (Kajian Living Qur’an)

Roky Ramlan, - (2023) EFEKTIVITAS KEGIATAN BERBAGI SEDEKAH DALAM KOMUNITAS REMAJA CINTA SEDEKAH DI DESA KUALA LALA KABUPATEN INDRAGIRI HULU (Kajian Living Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian remaja yang peduli terhadap sesama disamping sebagian remaja yang mengabaikan jati diri sebagai makhluk sosial. Padahal sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Banyak dari kalangan anak muda yang sudah mengesampingkan nilai sosial mereka karena menganggap semuanya akan normal seperti biasa. Padahal silaturahmi secara langsung tentu akan menambah rasa kekeluargaan. Masalah yang sering timbul misalnya, saat ekonomi yang sulit ini banyak sekali orang kelaparan yang membutuhkan sandang, pangan, dan dan bahkan tempat tinggal yang tidak layak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna sedekah menurut anggota Remaja Cinta Sedekah dan untuk mengetahui mengenai nilai sedekah serta menguji efektivitas Remaja Cinta Sedekah dalam menjalankan komunitasnya dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif, serta menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui beberapa proses yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui beberapa metode yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah pandangan remaja tentang sedekah dan bentuk pengujian berhasil tidaknya Komunitas Remaja Cinta Sedekah dalam memberikan bantuan pokok. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan penafsiran ayat-ayat sedekah dalam Tafsir Buya Hamka dan Tafsir Ibnu Katsir, selanjutnya motivasi dan makna sedekah bahwa motivasinya adalah untuk mengajak anak-anak muda untuk memiliki kegiatan sosial keagamaan, dan efektivitas dari organisasi ini masih perlu banyak perbaikan agar tercapainya kegiatan efektivitas. Kata Kunci : Efektivitas, Sedekah, Komunitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 31 Jan 2023 10:36
Last Modified: 31 Jan 2023 10:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68788

Actions (login required)

View Item View Item