Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PERMINTAAN PENGURUSAN SURAT MAHASISWA FMIPA UNRI MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION

SEPRI GOVAL, - (2023) EVALUASI USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PERMINTAAN PENGURUSAN SURAT MAHASISWA FMIPA UNRI MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Seluruh bab kecuali BAB IV)
semua bab.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Permintaan Pengurusan Surat FMIPA UNRI merupakan permintaan pengurusan surat resmi yang diselenggarakan untuk mahasiswa yang ingin mengurus surat di Fakultas FMIPA di Universitas Riau. Sistem ini untuk mempermudah pelaksanaan permintaan pengurusan surat online, permintaan pengurusan surat FMIPA belum pernah dievaluasi yang berhubungan dengan Usability. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Usability Permintaan surat FMIPA dan membuat rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan 10 variabel dan jumlah responden yang ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 100 orang. Sistem Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil Evaluasi, 6 variabel mendapat kualifikasi kurang baik. Diantaranya, User Control and Freedom, Prevention Error System, Recognition Rather than Recall, Diagnose and Recover Froom Error, Aesthetic and Minimalist Design, Help and Documentation. Sedangkan 4 variabel lagi mendapat kualifikasi baik yaitu Visibility of System Status, Match Between System and Real World, Consistency and Standars, Flexibility and Efficiency of Use. Berdasarkan permasalahan Usability yang ada, hal ini harus dilakukan perbaikan sesuai dengan solusi dan dapat digunakan sebagai referensi bagi tim pengembang dalam meningkatkan Usability Sistem Informasi Permintaan Pengurusan Surat FMIPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 31 Jan 2023 10:38
Last Modified: 31 Jan 2023 10:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68773

Actions (login required)

View Item View Item