Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAS BINA SISWA ROKAN HILIR

SUNIAH NILAM, - (2023) ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAS BINA SISWA ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUNIAH NILAM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suniah Nilam, (2022): Analisis Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia di SMAS Bina Siswa Rokan Hilir Penelitian ini dilatarbelakangi dari pentingnya keterampilan komunikasi dalam proses pembelajaran dan belum diketahui dengan pasti seberapa besar keterampilan komunikasi siswa, baik komunikasi lisan dan komunikasi tulisan siswa pada pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa selama proses pembelajaran pada materi ikatan kimia. Keterampilan komunikasi lisan siswa diukur menggunakan indikator, yaitu indikator menyampaikan pendapat, bertanya kepada guru, bertanya kepada siswa lain, memberikan jawaban dari pertanyaan guru, memberikan jawaban dari pertanyaan siswa lain, dan menyampaikan kesimpulan pembelajaran. Keterampilan komunikasi tulisan siswa diukur menggunakan indikator, yaitu indikator penulisan struktur lewis, penulisan senyawa, kebenaran tentang konsep materi ikatan ion, kebenaran tentang konsep materi ikatan kovalen, dan kejelasan bahasa yang digunakan. Subjek penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas X MIA di SMAS Bina Siswa Rokan Hilir. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes keterampilan komunikasi tulisan. Data hasil observasi dan tes keterampilan komunikasi tulisan dianalisis kemudian dideskripsikan. Kemampuan komunikasi lisan siswa tertinggi pada indikator memberikan jawaban dari pertanyaan guru dengan persentase sebesara 29,63% siswa yang aktif pada indikator tersebut komunikasi lisan terendah pada indikator menyampaikan kesimpulan pembelajaran dengan persentase sebesar 7,41%. Keterampilan komunikasi tulisan siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 63,88% kemampuan komunikasi tulisan tertinggi pada indikator penulisan struktur lewis dengan nilai sebesar 65,18% dan kemampuan komunikasi tulisan terendah pada indikator 39,25% pada indikator kejelasan bahasa yang digunakan. Kata kunci: komunikasi lisan, komunikasi tulisan, ikatan kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:13
Last Modified: 31 Jan 2023 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68759

Actions (login required)

View Item View Item