Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 9 PEKANBARU

ANNE NADILA PUTRI, - (2023) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNE NADILA PUTRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anne Nadila Putri, (2022): Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 9 Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 216 siswa. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 72 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan pretest posttest dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar dengan melihat perbedaan pengaruh dianalisis dengan independent sampel t-test dan menggunakan rumus Kp. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,48 dan ttabel = 1,994 pada taraf signifikan 0,05. Nilai 2,48 > 1,994 (thitung > ttabel ) sehingga Ho ditolak Ha diterima yang berarti menunjukan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran koperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasil belajar kimia siswa. Oleh karena itu, dengan meningkatnya hasil belajar kimia siswa sebesar 8% maka hipotesis penelitian ini dapat diterima (Ha). Kata kunci : Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:21
Last Modified: 31 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68755

Actions (login required)

View Item View Item