HAFIZ AL MUKARRAM, - (2023) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI TOLERANSI SEBAGAI ALAT PEMERSATU BANGSA TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMK BINA PROFESI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Hafiz Al Mukarram, (2023): Pengaruh Pemahaman Materi Toleransi Sebagai Alat Pemersatu Bangsa Terhadap Sikap Toleransi Siswa di SMK Bina Profesi Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemahaman materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa terhadap sikap toleransi siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru yang berjumlah 57 orang dari total populasi 135 Siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh indeks pengaruh pemahaman materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa terhadap sikap toleransi siswa Siswa SMK Bina Profesi sebesar 0, 491 dengan persamaan regresi = 50,6 + 0,390 X ( jika nilai pemahaman materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa bertambah 1, maka nilai sikap toleransi siswa bertambah 0,390) dan nilai kontribusi sebesar 24,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pemahaman materi toleransi sebagai alat pemersatu bangsa terhadap sikap toleransi siswa di SMK Bina Profesi Pekanbaru, karena diperoleh rhitung = 0,491 ≥ rtabel = 0,266 pada taraf signifikasi 5% dan 0,345 pada taraf signifikasi 1%. Maka artinya Ha diterima dan H0 di tolak. Kata kunci : Sikap Toleransi, SMK Bina Profesi Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 05:33 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 05:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68735 |
Actions (login required)
View Item |