Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLIKASI TRADISI KHATAM AL-QUR’AN SETELAH PERNIKAHAN TERHADAP MINAT BACA AL-QUR’AN PADA MASYARAKAT DESA PONDOK GELUGUR, LUBUK BATU JAYA, INDRAGIRI HULU (STUDI LIVING QUR’AN )

RIKI RINALDI, - (2023) IMPLIKASI TRADISI KHATAM AL-QUR’AN SETELAH PERNIKAHAN TERHADAP MINAT BACA AL-QUR’AN PADA MASYARAKAT DESA PONDOK GELUGUR, LUBUK BATU JAYA, INDRAGIRI HULU (STUDI LIVING QUR’AN ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implikasi Membaca Al-Qur’an Pada Tradisi Khatam al-Qur’an Terhadap Minat Baca Al-Qur’an Masyarakat Desa Pondok Gelugur, Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu. (Studi Living Qur’an).” Kegiatan membaca al-Qur’an pada Tradisi khatam al-Qur’an setelah pernikahan memliki manfaat yang banyak bagi pembacannya, seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Pondok Gelugur yang mana mereka berharap dari kegiatan ini bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan dari setiap surah yang dibaca ataupun yang didengarkan. Persoalan yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1) bagaimana proses pelaksanaan tradisi khatam al-Qur’an setelah pernikahan di Desa Pondok Gelugur. 2) Bagaimana implikasi membaca al-Qur’an pada tradisi khatam al-Qur’an terhadap minat baca masyarakat di Desa Pondok Gelugur. Metode yang peneliti lakukan yaitu jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang berbasis data-data lapangan terkait dengan subjek penelitian. Teknik analis data yang penulis gunakan adalah deskriftif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang mana berupaya mengungkapkan, memahami serta mengidentifikasi hakikat pengamalan manusia tentang suatu fenomena tertentu beserta konsepnya yang bersangkutan. Hasil dari penelitian ini adalah tata cara pelaksanaan khatam al-Qur’an setelah pernikahan di Desa Pondok Gelugur berupa serangkaian acara dimulai dari jamaah yang duduk dibuat secara melingkar, kemudia Ustadz memimpin pembacaan khatam al-Qur’an (membaca surah ad-Dhuha sampai dengan surah al-Ikhlas), dilanjutkan dengan doa, penyerahan tabak pada guru ngaji, lalu ditutup dengan makan bersama. selanjutnya pengaruh tradisi khatam al-Qur’an pada minat baca masyarakat yaitu (1) masyarakat menjadi semangat untuk mempelajari al-Qur’an (2) Bersemangat untuk mengajarkan al-Qur’an (3) masyarakat bersemangat untuk mengkhatamkan al-Qur’an. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tradisi khatam al-Qur’an setelah pernikahan di Desa Pondok Gelugur berpengaruh pada minat baca masyarakat Desa Pondok Gelugur. Kata Kunci: Tradisi Khatam Al-Qur’an, Implikasi, Living Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:40
Last Modified: 31 Jan 2023 05:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68732

Actions (login required)

View Item View Item