Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BUMDES CAHAYA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI DESA PETAI BARU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

TRI NOVI ANDRI, - (2023) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BUMDES CAHAYA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH DI DESA PETAI BARU KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh BUMDes di Desa Petai Baru yang memiliki jumlah nasabah pada tahun 2018 menuju ke 2019 naik jumlah nasabahnya sebanyak 26% dari tahun sebelumya atau sekitar 13 orang dan pada tahun 2020 jumlah nasabah mengalami penurunan sebanyak 28,57% atau sebanyak 18 orang lebih banyak dari kenaikan tahun sebelumnya yang dengan total keluarga di Desa Petai Baru yaitu sebanyak 561. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan pelayanan yang diberikan BUMDes Cahaya terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di BUMDes Cahaya di Desa Petai Baru serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah tentang minat menjadi nasabah BUMDes cahaya. Penelitian ini dalam pembuatannya, metode yang digunakan adalah kuantitatif. Lokasi Penelitian ini berada di Desa Petai Baru. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala keluarga masyarakat Desa Petai Baru pada tahun 2022 yaitu sebanyak 561. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposiv Sampling yang didapat sampel 85 orang, dengan menggunakan sumber data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang penulis pakai adalah deskriptif kuantitatif yang pengolahan datanya menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dari hasil uji R2 0,245 atau 24,5% variabel minat (Y) dapat dijelakan oleh variabel pengetahuan produk (X1) dan pelayanan (X2) sedangkan sisanya (100% - 24,5%) adalah 75,5% dipengaruhi oleh variabel diluar persamaan di atas. Dilihat dari produk, pelayanan, dan minat di BUMDes Cahaya dalam perspektif ekonomi syariah, BUMDes Cahaya Belum sepenuhnya syariah dikarekan masih ada dari produk BUMDes Cahaya yang masih mengandung unsur riba sedangkan dalam segi minat menjadi nasabah BUMDes sudah sesuai dengan konsep ekonomi syariah karena menjadi nasabah BUMDes juga salah satu untuk mendukung kemajuan dan mempersiapkan masa depan desa yang jauh lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:34
Last Modified: 31 Jan 2023 06:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68717

Actions (login required)

View Item View Item