Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI KELAS VII MTs UMMATAN WASATHAN PTR

INA LESTARI, - (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI KELAS VII MTs UMMATAN WASATHAN PTR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI INA LESTARI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ina Lestari (2023) : Penerapan Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan di Kelas VII Mts Ummatan Wasathan PTR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model PjBL dengan pendekatan STEAM dan siswa yang memperoleh model konvensional pada materi energi dalam sistem kehidupan SMP/MTs. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode true eksperimental dengan pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ummatan Wasathan PTR. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dalam penelitian ini yaitu kelas VII PA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII PA 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PjBL dengan pendekatan STEAM. Pengumpulan data melalui soal tes keterampilan berpikir kreatif dan lembar observasi. Data hasil posttest keterampilan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS versi 23 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model PjBL dengan STEAM dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional pada materi energi dalam sistem kehidupan di kelas VII MTs Ummatan Wasathan PTR. Kata Kunci: Project Based Learning, STEAM, Keterampilan Berpikir Kreatif, Energi dalam sistem kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:31
Last Modified: 31 Jan 2023 06:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68712

Actions (login required)

View Item View Item