Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS HYPNOTHERAPY UNTUK MENGATASI KETERGANTUNGAN NARKOTIKA PADA REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KOTA PEKANBARU

Lathi Fahtul Fitriyah, Lathi (2023) EFEKTIFITAS HYPNOTHERAPY UNTUK MENGATASI KETERGANTUNGAN NARKOTIKA PADA REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Banyaknya remaja yang saat ini mengkonsumsi narkotika berupa ganja, sabu dan sebagainya. berawal dari coba-coba dan keingin tahuannya tinggi. Remaja yang sudah merasakan efek dari narkotika akan sulit melepaskan diri dari narkotika. Jika narkotika sudah masuk kedalam tubuh baik melalui mulut, jarum suntik ataupun hisap, maka zat tersebut akan merusak system saraf pusat dan fungsinya. Akibatnya pengguna narkotika akan ketagihan secara fisik dan psikis serta pecandu juga akan sulit untuk fokus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada pecandu narkotika di LPKA. Metode hypnotherapy dijadikan untuk menghentikan kebiasaan menggunakan narkotika dikalangan remaja. Metode hypnotherapy memerlukan waktu dan penyesuaian terlebih dahulu terhadap klien yang mengalami kecanduan. Kerjasama yang baik antara hipnoterapis dan klien menjadi hal yang sangat penting untuk kelangsungan terapi. Hipnoterapi memberikan efek yang rileks pada saraf otak yang menegang akibat zat addaktif narkoba. Hypnotherapy memanfaatkan sugesti dalam terapinya, tata laksana dalam hypnotherapy dengan wawancara pra-induksi atau pre-talk dan sugestivitas,induksi,deepening dan depth level test,suggestion dan termination. Imiplikasi yang terjadi pada klien setelah mendapatkan hypnotherapy adalah klien merasa nyaman, tenang, bahagia, stamina meningkat serta mampu berpikir lebih bijak. Dari serangkaian pelaksanaan hypnotherapy hasil menunjukkan bahwa hypnotherapy tidak cukup efektif untuk mengatasi kecanduan pada remaja di lembaga pembinaan khusus anak kota Pekanbaru. Factor yang menyebabkan kurang efektif nya hypnotherapy diantara nya tidak adanya kepercayaan klien dengan peneliti dalam melakukan terapi, kurang mendukung nya tempat yang digunakan untuk terapi, dan kurang terampilnya peneliti dalam melakukan terapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hypnotherapy, Narkotika, Remaja
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:03
Last Modified: 31 Jan 2023 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68710

Actions (login required)

View Item View Item