Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINDAKAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA ISOLASI TRANSFORMATOR DAYA BERDASARKAN INDEKS POLARISASI DAN TANGEN DELTA (Studi Kasus: PT.PLN Gardu Induk Garuda Sakti Pekanbaru )

SYAHRIZAN, - (2023) ANALISIS TINDAKAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA ISOLASI TRANSFORMATOR DAYA BERDASARKAN INDEKS POLARISASI DAN TANGEN DELTA (Studi Kasus: PT.PLN Gardu Induk Garuda Sakti Pekanbaru ). Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SYAHRIZAN (2023) : ANALISIS TINDAKAN PREVENTIVE MAINTENANCE PADA ISOLASI TRANSFORMATOR DAYA BERDASARKAN INDEKS POLARISASI DAN TANGEN DELTA (Studi Kasus: PT.PLN Gardu Induk Garuda Sakti Pekanbaru ) Transformator daya adalah suatu alat kelistrikan yang bertugas untuk memindahkan tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya (konversi tegangan). Kesalahan pada transformator dapat menyebabkan pemadaman listrik, sehingga perlu adanya perawatan dan pengujian dilakukan agar transformator daya dapat beroperasi sesuai masa pemakaiannya. Dalam operasi penyaluran tenaga listrik transformator merupakan jantung dari transmisi dan distribusi.Untuk meminimalisir kerusakan pada transformator harus dipelihara dengan menggunakan sistem dan peralatan yang tepat. Preventif Maintenance perlu dilakukan untuk perawatan dan pengujian pada transformator daya sebagai pencegahan terjadinya kegagalan operasi. Preventive maintenance sendiri merupakan pemeliharaan yang dilakukan sebagai pencegahan transformator mengalami kerusakan. Ada beberapa bagian penting pada transformator daya yang membutuhkan pemeliharaan rutin dan khusus salah satunya adalah sistem isolasi. Menurut statistik, kesalahan isolasi mencapai 80% dari semua kesalahan transformator.. Pada penelitian ini peneliti melakukan pengujian indeks polarisasi dan tangen delta di Gardu Induk Garuda Sakti untuk mengetahui bagus atau tidaknya kinerja tranformator. Pertama, pengujian indeks polarisasi yang dihitung sesuai dengan standar. Hasil pengujian indeks polarisasi (IP) transformator daya GI garuda sakti didapat nilai yang dinyatakan sudah memenuhi standar pengujian masih dikatakan baik yaitu rata-rata diatas 2,0. Kedua, pengujian tangen delta yang bertujuan untuk mengetahui kualitas isolasi suatu perlatan listrik dan untuk mengukur arus bocor kapasitif padaa transformator. Hasil pengujian Tangen Delta menunjukkan bahwa nilai kondisi tangen delta masih dalam kategori sangat baik dengan rata - rata tangen delta kecil dari 0,1%. Kata Kunci : Tranformator daya, Tahanan Isolasi, Indeks Polarisasi (IP), Disipasi Dielektrik (tan ʠ )

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:35
Last Modified: 31 Jan 2023 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68679

Actions (login required)

View Item View Item