Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU DI KELAS III SDIT AL-IZHAR SCHO

TRYANGGINI SEPNA ASMARA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU DI KELAS III SDIT AL-IZHAR SCHO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRYANGGINI SEPNA ASMARA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tryanggini Sepna Asmara, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Tema 3 Benda di Sekirtarku di kelas III SDIT Al Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran matematika kelas III SDIT Al-Izhar School Pekanbaru melalui model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya komunikasi matematika siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 siswa kelas III SDIT Al Izhar School Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share dan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pembelajaran matematika. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, kemampuan mereka masih rendah, dimana 5% siswa berada pada kategori baik sekali, 15% siswa berada pada kategori baik, 30% siswa berada pada kategori cukup baik, 40% siswa berada pada kategori kurang dan 10% siswa berada pada kategori kurang sekali. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siklus I, kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat, dimana 25% siswa berada pada kategori baik sekali, 50% siswa berada pada kategori baik, 20% siswa pada kategori cukup baik, dan 5% siswa berada pada kategori kurang. Pada siklus II kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat lebih baik, dimana 45% siswa berada pada kategori baik sekali, 35% siswa berada pada kategori baik, 15% siswa berada pada kategori cukup baik dan 5% pada kategori kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas III SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Kata kunci: Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 11:09
Last Modified: 30 Jan 2023 11:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68658

Actions (login required)

View Item View Item