Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT.SWASTISIDHI AMAGRA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

MUHAMAD SUKARSO, - (2023) PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT.SWASTISIDHI AMAGRA PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMAD SUKARSO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD SUKARSO (2023): Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Turnover Intention Pada PT. Swastisiddhi Amagra Perspektif Ekonomi Syariah Kegiatan organisasi tidak akan berjalan tanpa adanya keterlibatan unsur manusia yang ada didalamnya. Manajemen sumberdaya manusia berkaitan dengan pengelolaan manusia melalui aktivitas-aktivitas organisasi dan fungsi-fungsi operasionalnya. Sering kali perusahaan menghadapi masalah mengenai sumber daya manusianya. Masalah sumber daya manusia menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen karena keberhasilan manajemen dan yang lain itu tergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Apabila individu dalam perusahaan yaitu SDM-nya dapat berjalan efektif maka perusahaan tetap berjalan efektif. Dengan kata lain kelangsungan suatu perusahaan itu ditentukan oleh kinerja karyawannya. Jika sumberdaya manusia (karyawan) pada suatu perusahaan dapat dipelihara dengan baik maka dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan dan hasil produksi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap turnover intentionpada PT. Swastisiddhi Amagra. Lokasi penelitian ini adalah di PT. Swastisiddhi Amagra Desa Bukit Sakai, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file reserch) dengan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 56 responden berdasarkan rumus Simple Random Sampling dari 126 populasi. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik analisis regresi linier berganda uji asumsi klasik, uji t (parsial), uji f (simultan) dan determinasi (R). Penelitian ini menggunakan variable independen atau variable bebas yaitu komunikasi (X1) dan lingkungan kerja (X2) serta variable dependen atau variable terikat adalah turnover intention (Y). Dari hasil persamaan regresi maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang positif terhadap turnover intention. Kemudian secara parsial, dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa komunikasi (X1) dan lingkungan kerja (X2) mempunyai pengaruh terhadap turnover intention (Y). Sedangkan dari hasil uji f dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Kekuatan hubungan komunikasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap turnover intention adalah tinggi dengan nilai R sebesar 0,78 atau 78%. Dan juga koefisien determinasi (R) menunjukan nilai R squer sebesar 0,61 yang artinya komunikasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap turnover intention sebesar 61% dan sisanya sebesar 39% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah PT. Swastisiddhi Amagra sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip syariah Islam. Kata Kunci: Komunikasi, Lingkungan Kerja, Turnover Intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jan 2023 11:21
Last Modified: 30 Jan 2023 11:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68645

Actions (login required)

View Item View Item