Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDENTIFIKASI JENIS DAN DOMINASI VEGETASI GULMA PADA KEBUN JERUK SIAM (Citrus nobilis Lour.) DI DESA KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

SIGIT OKTAVIAN, - (2023) IDENTIFIKASI JENIS DAN DOMINASI VEGETASI GULMA PADA KEBUN JERUK SIAM (Citrus nobilis Lour.) DI DESA KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

IDENTIFIKASI JENIS DAN DOMINASI VEGETASI GULMA PADA KEBUN JERUK SIAM (Citrus nobilis Lour.) DI DESA KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR Sigit Oktavian (11582103352) Di bawah bimbingan Novita Hera dan Zulfahmi INTISARI Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, buah-buahan merupakan tanaman hortikultura yang menjadi unggulan Indonesia. Hadirnya gulma menjadi faktor masalah yang dapat menurunkan produksi dan kualitas jeruk. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan dominasi vegetasi gulma pada kebun jeruk siam (Citrus nobilis Lour.). Penelitian ini dilaksanakan diLaboratorium, Patologi, Entomologi, Mikrobiologi, dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada bulan Oktober sampai dengan November 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Parameter pada penelitian ini adalah gambaran lokasi penelitian, jenis dan komposisi gulma, kerapatan, kerapatan relatif, frekuensi, frekuensi relatif, indeks nilai penting dan perbandingan nilai penting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kerapatan dan kerapatan relatif tertinggi sebesar 48,92%, serta nilai frekuensi dan frekuensi relatif tertinggi yaitu sebesar 26,67% dengan indeks nilai penting sebesar 62,07%. Jenis gulma yang dominan masing-masing lahan percobaan adalah jotang kuda (Synedrella nodiflora), babadotan (Ageratun conyzoides), dan alang-alang (Imperata cylindrica). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan jenis gulma yang ditemukan terdiri dari rumput (grasses), teki (seedges), gulma berdaun lebar (broad leaves) dan gulma tumbuhan paku (pteridophyta), dengan nilai kerapatan dan kerapatan relatif tertinggi sebesar 48,92%, serta nilai frekuensi dan frekuensi relatif tertinggi yaitu sebesar 26,67% dengan indeks nilai penting sebesar 62,07% . Kata kunci: vegetasi gulma, gulma, jeruk siam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Jan 2023 10:54
Last Modified: 30 Jan 2023 10:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68642

Actions (login required)

View Item View Item