Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 023 MUARA MAHAT BARU KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Miftahul Jannah, Miftahul (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA DALAM MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 023 MUARA MAHAT BARU KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN 023 Muara Mahat Baru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru. Objeknya model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray serta kemampuan daya ingat siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan terdapat 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis deskriptif dengan persentase menjadi teknik yang dilakukan untuk mengolah dan menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan daya ingat siswa. hal ini dapat diketahui dari persentase ketuntasan mereka dalam menyelesaikan soal yang menguji daya ingat. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, ketuntasan siswa hanya mencapai 43% atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stary, pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 58% atau masih berada pada kategori kurang, dan pada siklus II persentase ketuntasannya sudah mencapai 82% dan sudah berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan daya ingat siswa kelas IV pada pelajaran IPS di SDN 023 Muara Mahat Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Kemampuan Daya Ingat
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 12:17
Last Modified: 30 Jan 2023 12:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68631

Actions (login required)

View Item View Item