SITI NURKHAYATI, - (2023) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI 3 KABUN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FULL KECUALI BAB IV SITI NURKHAYATI.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV SITI NURKHAYATI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMP NEGERI 3 KABUN ROKAN HULU Siti Nurkhayati sitinurkhayati087@gmail.com Fakultas Psikologi Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Salah satu masalah yang dihadapi pada masa remaja yaitu adanya masa transisi yang menjadikan emosi remaja kurang stabil. Masa transisi inilah yang menimbulkan kecenderungan munculnya perilaku-perilaku menyimpang atau yang biasa disebut dengan istilah kenakalan remaja. Untuk itu dibutuhkan keyakinan dan pengamalan yang kuat terhadap ajaran-ajaran agama guna mengurangi perilaku-perilaku kenakalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara religiusitas dengan kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 3 Kabun Rokan Hulu. Penelitian ini melibatkan 103 siswa di SMP Negeri 3 Kabun Rokan Hulu. Hasil analisis Product Moment menunjukan bahwa ada hubungan negatif antara religiusitas dengan kenakalan siswa SMP Negeri 3 Kabun dengan nilai (F=93,470; P=0,000). Ini berarti semakin tinggi religiusitas yang dimiliki siswa maka akan menekan kenakalan remaja dan sebaliknya semakin rendah religiusitas yang dimiliki siswa maka akan semakin tinggi kenakalan remaja yang akan terjadi. Sumbangan efektif religiusitas terhadap kenakalan remaja adalah 45%. Kata Kunci: Religiusitas, Kenakalan Remaja
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 11:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 11:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68628 |
Actions (login required)
View Item |