Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) DALAM RANSUM TERHADAP BOBOT POTONG DAN KARKAS PUYUH PEDAGING

AGUNG YUARMA PUTRA, - (2023) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) DALAM RANSUM TERHADAP BOBOT POTONG DAN KARKAS PUYUH PEDAGING. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

AGUNG YUARMA PUTRA (2023) : PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) DALAM RANSUM TERHADAP BOBOT POTONG DAN KARKAS PUYUH PEDAGING Daun jambu mete (Anacardium occidentale Linn) mengandung senyawa fenol, flavonoid, steroid, triterpen, fenolik dan minyak atsiri, tanin, saponin. Senyawa tersebut dapat menurunkan dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen seperti gram-positif maupun gram-negatif yang tumbuh pada hewan ternak yang akan mempengaruhi karkas puyuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian tepung daun jambu mete (Anacardium occidentale Linn) pada level yang berbeda dalam ransum terhadap karkas burung puyuh meliputi bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2022 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 100 ekor puyuh pedaging yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Tiap-tiap perlakuan terdiri atas 5 ekor puyuh. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (ransum komersil + tepung daun jambu mete 0 g), P1 (ransum komersil + tepung daun jambu mete 5 g), P2 (ransum komersil + tepung daun jambu mete 10 g), P3 (ransum komersil + tepung daun jambu mete 15 g) dan P4 (ransum komersil + tepung daun jambu mete 20 g). Parameter yang diukur adalah bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal puyuh pedaging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung daun jambu mete (Anacardium occidentale Linn) hingga kadar 20 g dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian tepung daun jambu mete (Anacardium occidentale Linn) dalam ransum sampai level 20g tidak dapat memperbaiki kualitas karkas puyuh ditinjau dari bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Kata kunci: Bobot potong, persentase karkas, persentase lemak abdominal, puyuh, tepung daun jambu mete.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 30 Jan 2023 09:16
Last Modified: 30 Jan 2023 09:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68581

Actions (login required)

View Item View Item