HAANI NABILAH FASTAMAR, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 019 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
||
|
Text
SKRIPSI HAANI NABILAH FASTAMAR.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Haani Nabilah Fastamar,(2022): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Muatan Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran matematika di kelas IV SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota. Tujuannya adadah untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togther dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, hanya 3 orang atau 15% siswa mencapai skor kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 42,45 atau berada pada kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togther pada siklus I, 10 orang atau 50% siswa mencapai skor kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 60 atau berada pada kategori kurang. Pada siklus II, 16 orang atau 80% siswa mencapai skor kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 71,25 atau berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran matematika di kelas IV SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68579 |
Actions (login required)
View Item |