Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) PADA MATERI KOLOID

USWATUN HASANA ROSBI, - (2023) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI USWATUN HASANA ROSBI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Uswatun Hasana Rosbi, (2023): Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) pada Materi Koloid. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang memperhatikan keterampilan proses sains siswa sehingga siswa kurang mampu dalam mengembangkan keterampilan proses sainsnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) pada materi koloid. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2021/2022 di kelas XI MIPA SMAN 1 Kampar Timur dengan materi pokok koloid. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian One Shot Case Study. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran VAK berada dalam kategori baik. Ada 9 aspek keterampilan proses sains yang dianalisis dalam penelitian ini dengan 15 item indikator keterampilan proses sains. Persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa pada lembar observasi sebesar 77,04% dimana aspek mengamati merupakan aspek tertinggi dengan hasil persentase rata-rata sebesar 80,68% dengan kategori baik dan aspek terendah yaitu aspek berhipotesis dengan persentase sebesar 68,56% dengan kategori baik. Persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa pada tes sebesar 76,67% dimana aspek mengamati merupakan aspek tertinggi dengan persentase 81,82% dengan kategori baik dan aspek berhipotesis merupakan aspek terendah dengan persentase 68,18% dengan kategori baik. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic) memberikan dampak positif terhadap keterampilan proses sains. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains Siswa, Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestethic), Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:49
Last Modified: 30 Jan 2023 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/68575

Actions (login required)

View Item View Item